Sponsor

Thursday, March 15, 2018

11 Tips dan Trik Bermain Rubik

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

      Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan kepada kalian tips dan trik dalam bermain rubik.



        Beberapa tips dan trik yang harus kalian perhatikan diantaranya : 

1. BELAJAR DENGAN RUBIK APA SAJA (ORI/KW)
        Untuk memulai belajar bermain rubik, kalian tidak perlu menggunakan rubik yang ori atau yang harganya cukup mahal. Kalian bisa menggunakan rubik yang harganya terjangkau untuk memuai belajar. Sia - sia saja jika rubik kalian bagus, tetapi kualitas bermain kalian masih buruk.

2. MINIMAL BISA MENYELESAIKAN 1 WARNA
       Trik berikutnya, untuk memudahkan dan mengefisiensi kalian dalam belajar menyelesaikan rubik, maka kalian minimal harus bisa menyelesaikan 1 warna terlebih dahulu.

3. TERUS SEMANGAT DAN PANTANG MENYERAH
      JIka kalian ingin cepat meningkatkan kualitas bermain rubik kalian, maka kalian harus terus berlatih dan selalu semangat agar hasil yang didapat memuaskan.

4. MEMAHAMI KONSEP
       Trik selanjutnya, kalian harus memahami konsep terlebih dahulu (bukan menghapal rumus). Karena jika kalian mengerti konsepnya, maka tanpa rumus pun kalian dapat menyelesaikan suatu rubik. Untuk kalian yang sudah terlanjur menghapal rumus terlebih dahulu, saya sarankan kalian tetap harus memahami konsepnya karena akan mempermudah kalian dalam menyelesaikan suatu rubik.

5. MENGHAPAL URUTAN WARNA
    Dengan menghapal urutan warna, kalian akan bisa menyelesaikan rubik tanpa melakukan rotasi atau dengan kata lain kalian tetap pada posisi warna dari awal sampai akhir. 

6. MENGHAPAL RUMUS SEBANYAK MUNGKIN
       Jika kalian masih ingin bisa menyelesaikan rubik dengan cepat, maka tidak ada cara lain selain menghapal rumus sebanyak - banyaknya. 

7. MENYELESAIKAN RUBIK TANPA ROTASI 
     Artinya, kalian harus menyelesaikan rubik tetap pada posisi awal sampai kalian menyelesaikannya (misal, menempatkan posisi warna biru di depan kita dari awal sampai akhir). Mungkin trik ini memang agak sulit, tetapi dapat menambah kecepatan kalian dalam menyelesaikan rubik.

8. MENYELESAIKAN SECARA PERLAHAN TANPA JEDA
     Maksudnya adalah kalian dapat berlatih dengan cara mempairing warna secara perlahan sembari melihat susunan warna nya dan langsung disambung dengan mempairing warna berikutnya tanpa ada jeda waktu sedikitpun. Kesalahan yang sering ditemukan pada rubikers pemula adalah mereka mempairing warna secara terburu - buru tanpa memperhatikan susunan warna nya. Akibatnya pada saat akan mempairing warna berikutnya, maka akan memakan waktu yang cukup lama untuk melihat susunan warna nya kembali.

9. MENGUASAI RUBIK 3X3
      Jika kalian ingin beralih ke rubik yang bentuknya aneh - aneh (mirror,skewb,ghost,dll) atau seperti 2x2, 4x4, hingga 20x20 maka saya sarankan kalian harus menguasai rubik 3x3 terlebih dahulu. 

10. SALING ADU CEPAT DENGAN TEMAN
   Kalian tidak akan bisa berkembang jika hanya mengandalkan teori. Oleh karena itu, kalian harus mempraktekannya dengan cara saling adu cepat agar kecepatan dan ketenangan kalian dalam bermain rubik dapat terus meningkat.

11. BERDOA DENGAN KESUNGGUHAN
     Terakhir dan terpenting adalah doa. Semua kegiatan harus diawali dengan doa. Oleh karena itu kesungguhan doa sangat diperlukan untuk mencapai suatu kesuksesan. Berdoalah dengan sungguh – sungguh, niscaya Allah S.W.T. akan memberikan apa yang terbaik untuk kita semua, aamiin....


        Saya harap artikel ini dapat membantu kalian yang ingin meningkatkan kualitasnya dalam bermain rubik. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata yang mengganggu pembaca dalam membaca artikel ini. Silahkan kirim pendapat nya pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

Mau bisa menyelesaikan rubik cuma dengan 4 rumus?! Lihat aja di sini

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

No comments:

Post a Comment

CUMA 4 RUMUS!!! (Menyelesaikan Rubik 3x3 Untuk Pemula)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh        Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi ilmu kepada kaliam tentang cara meny...